Pengalaman Pertama Mendaki Gunung Merbabu, Pos 2

Assalamualaikum,

Liburan Idul Fitri tahun ini lumayan lama, kantorku ngasih libur selama dua minggu. Dan setelah acara sungkeman dengan keluarga dekat dan tetangga, aku ga ada agenda lain selain tiduran dirumah. Eh kok ya ada yang ngajakin mendaki gunung. Temenku ini namanya Widi, sejak SMA kita udah temenan karena sekelas juga. Akhir-akhir ini dia lagi seneng banget mendaki gunung, dan ga tau ini udah gunung ke berapa yang dia daki.

Aku masih baru banget soal dunia pendakian, jadinya aku tanya-tanya apa aja yang mesti dibawa saat mendaki. Ditambah aku juga ga punya Carrier yang gedhe khas orang mendaki. Waktu itu Widi cuma bilang kalo ga ada Carrier, bisa pake daypack. Dan perlengkapan yang dibawa ada macem-macem, kalo aku waktu itu cuma bawa ini :
  1. Daypack
  2. Baju ganti
  3. Jaket, ini penting banget
  4. Tisu basah dan tisu kering
  5. Coklat dan Madu serta Roti atau makanan ringan
  6. Aqua, ini aku bawa banyak stok sekitar 4 botol
  7. Sendal gunung
  8. Matras, sleepingbag, kita sewa waktu itu
  9. Tenda kecil, waktu itu dibawa oleh Simbah
  10. Obat-obatan pribadi seperti minyak kayu putih dan salonpas. Penting banget juga nih...
  11. Senter, terutama kalau kalian nge-camp butuh banget buat penerangan. Jangan bayangin digunung ada listrik ya.

Oh ya belum sempet ngenalin simbah, jadi simbah itu nama temen kita yang memandu pendakian kai ini. Dia udah kayak sesepuh disini walaupun usianya masih 35 tahunan (kalau aku ga salah kira). Aku ga tau umur pastinya karena ga enak juga kan nanya umur apalagi baru ketemu pertama kali. Dan simbah ini orangnya baik banget, dia bawa semua alat yang kebanyakan cuma aku dan Widi yang butuh hehe. Dia ga bawa baju ganti sama sekali, karena udah terbiasa mendaki. Katanya dia bisa mendaki merbabu dengan waktu 4 jam saja. Itu sangat cepat sekali menurutku, mengingat aku sendiri butuh waktu delapan jam untuk sampe pos dua. Itu dia empat jam udah sampe puncak. Amazing !!!

Aku sama Widi ke basecamp wekas naik motor, sekitar dua jam sih. Kita sempet makan siang juga disana. Dan kontur jalannya juga lumayan menguras energi, dimana motor Widi sempat ga kuat menanjak dan aku mesti jalan kaki hahaha. Sampe di basecamp kita ngopi dan makan nasi goreng yang dimasakin simbah. Aku jadi heran ini orang bisa apa aja ya hehehe.

Pendakian dimulai abis Isya, sekitar jam setengah delapan malam. Dan karena ini pengalaman pertamaku mendaki, aku selalu minta istirahat setiap jalan sepuluh menit. Temen-temen tetep setia menunggu walaupun aku juga merasa bersalah kan karena ngrepotin. Harusnya aku olahraga sebelum mendaki, tapi ini tidak sama sekali.

Suasana gunung merbabu waktu malem emang lebih mencekam, dan agak sepi juga waktu itu. Selama perjalanan kita cuma bertemu tiga tim pendakian aja yang ga lebih dari lima orang per timnya. Simbah sengaja kasih kita jalan pintas, dan itu jalan pintas sumpah deh serem abis. Kita ke ilalang-ilalang dan jalur pendakiannya pun tertutup. Aku ga mau dibelakang, tapi didepan pun juga ga mau karena ga tau jalan. Jadilah simbah didepan, dan Widi dibelakang hehehe. Oh ya senter jadi alat yang harus dibawa ya, terutama yang mendaki malem-malem nih. Senter juga penting pas kita di tenda buat penerangan, kalau kita pengen MCK darurat di semak-semak, terus juga waktu didalem kita lagi cari barang yang nyelip-nyelip.

Aku capek banget malem itu, dan buat nafas aja susah. Karena dingin banget dan ditambah hawanya malem, bajuku juga agak basah karena kena embun. Jaket yang aku pake pun juga bukan jaket gunung jadi dingginnya masih kerasa sampe ke daging-daging.

Kita sampe di basecamp pos dua sekitar jam dua pagi, terus tenda dibangun oleh Simbah. Kita cuma bantu-bantu dikit aja. Dan iya emang kita tidur bertiga karena tenda yang dibawa juga cuma satu. Pagi jam lima kita udah bangun buat Shubuh, dan udah terang juga jam segitu kalo dipuncak. Simbah masak indomie goreng, yang dalam waktu semenit langsung dingin indominya seperti es hahaha. 

Diatas kita cuma foto-foto seadanya, dan waktu perjalanan pulang juga sempet ambil foto sebentar sambil istirahat. Pengalaman mendaki ini juga jadi pengalaman berharga buatku, dimana pertemanan akan sangat diuji saat pendakian. Ada yang setia menunggu, ada yang pengennya buru-buru sampe puncak juga. Tapi simbah sama Widi ini baik dan perhatian banget deh pokoknya. Seneng juga ini jadi pengalaman mendaki yang pertama walaupun berat. 














You May Also Like

0 komentar