Mendaki Gunung Batu Jonggol Jawa Barat

Sebenernya pilihan kata mendaki gunung juga ga pas sih, karena ini juga bukan gunung yang tinggi banget seperti yang kemarin-kemarin aku daki. Jadi ini gunung semacem bukit aja, tingginya juga cuma 1,1 mdpl (meter diatas permukaan laut).

Berawal dari Dara temen sekantor yang selalu punya ide buat ngajakin main, entah dimanapun itu. Anaknya emang tipe petualang banget sih, dan tomboy juga dia hehehe. Jadi ini acara dadakan banget, kalau ga salah tiga hari sebelumnya deh baru direncanain. Waktu itu Dara dan Alfian nawarin mau ikut mendaki ga, di bogor. Gunungnya ga tinggi kok, gitu kata mereka. Dan aku juga lagi seneng-senengnya jalan-jalan karena jadwal kuliah juga ga padet, akhirnya aku ikut deh.

Singkat cerita, malemnya hari Sabtu itu aku packing. Bawaan yang aku bawa seadanya, ga bawa tenda dan alat masak seperti biasa orang mendaki. Karena ini juga cuma semalem, jadinya aku pake carrier yang kecil. Yang aku bawa cuma sleeping bag sama matras aja. Dan karena katanya gunungnya cuma pendek, aku agak menyepelekan sih waktu itu dengan pake rok dan pake sepatu oxford dari kain yang baru aku beli, dan ga pake sendal gunung sama sekali.

Bawaanku emang sedikit dan bawa carrier kecil, tapi ternyata mas Donald, Dara, dan Adek bawaannya malah cuma Daypack. Aduh aku jadi berasa salah kostum. Tapi lebih parahnya, Alfian malah bawa perlengkapan lengkap, dengan carrier dia yang super gedhe 60L, dan bawa alat masak serta tenda. Katanya dia mau camping sebentar menikmati udara pagi, abis itu dibongkar lagi. Ya ampun, dalam hati juga ngapain repot-repot camping kalau cuma bentaran.

Awalnya Alfian juga heran aku ga pake sendal gunung. Tapi aku cuekin aja karena aku pikir medan tracknya juga biasa-biasa aja. Dan semua berubah pas aku sampe disana hahaha. Ternyata oh ternyata, gunungnya sih emang pendek, tapi curam banget. Medannya juga batu-batu dengan luas tapak ga sampe semeter, bisa kalian lihat sih difoto ku seberapa luasnya. Ditambah karena curam, naiknya pun harus pake tali tambang. Serem tau liat kanan kiri jurang curam gitu. Apalagi semalem sebelumnya waktu kita tidur di parkiran, ada cerita dari bapak tukang parkir kalau pernah ada yang jatuh gitu dan meninggal :( makin parno jadinya.







Kita mulai mendaki pukul 5 pagi, abis shubuh lah tepatnya. Karena ngejar sunset, tapi sepertinya kalau ngejar sunset berangkat pukul 5 pagi termasuk kesiangan. Dan bener aja, kita dapet sunsetnya pas ditengah perjalanan. Karena aku sendiri juga sering banget minta break istirahat, ga tau kenapa kalau pagi hari suruh submit itu bawaaanya capek terus. Beda kalau siang malah enak, ga gampang capek gitu.





Nyampe puncak (ceileh puncak 1000mdpl doang hahaha), tentu saja yang kita lakukan adalah ambil dokumentasi. Secara perjuangan naik juga berat kan, seneng aja bisa sampe puncak gini. Dan pemandangannya juga bagus banget masyaAllah.




Bisa kalian lihat kan saudara-saudara, kostum apa yang saya pakai hahaha. Ini emang salah kostum banget pake banget deh. Kalau tracknya landai sih ga apa-apa, tapi kalau curam ya ga rekomended juga model beginian.




You May Also Like

0 komentar