Review : About Primer for Base Make Up

Halo para pecinta make-up...

Review aku kali ini mengenai produk penting yang biasa dipake sebelum make up supaya make up nya bisa stay long, awet, tahan lama dan ga mudah luntur. Say yes to PRIMER. 

Buat kalian yang masih baru di dunia make up atau belum tau apa itu primer. Jadi primer ini berfungsi sebagai base make up agar make up yang kita aplikasiin itu nempel, lebih nyata, dan tahan lama sampe berjam-jam. Kecuali kalau make up yang tahan air lain lagi ya ceritanya, akan aku bahas nanti insyaAllah.

Primer sendiri ada buanyak banget merk nya dan fungsinya juga berbeda. Ada yang harganya murah, sedang-sedang aja, ada yang harganya mahal banget sampe nguras dompet. Primer juga kadang dibedain mana yang untuk kulit kering sehingga harus pake primer yang menghidrasi yang dalam istilahnya moist. Atau mana yang untuk kulit berminyak sehingga harus pake primer yang matte. 

Belakangan ini aku jadi make up junkie. Dikit-dikit beli, dikit-dikit kena racun, dikit-dikit pengen koleksi lebih. Namanya juga wanita hehehe. 

Aku sendiri untuk primer punya 4 macem. Merknya pun beda-beda. Aku makenya gantian sih tergantung event yang mau di datengin. Kalau untuk daily aku ga pernah pake primer ini karena toh siang juga dipake buat wudhu. Ditambah make up tebel itu bikin capek muka gitu deh.

Nah ini dia review aku :


1) Wet n Wild  Face Primer


Wet n Wild ini baru banget aku beli. Aku sebenernya baru kenal namanya waktu search brand drugstore yang harganya relatif lebih murah tapi kualitas tetep bagus. Karena primer yang high-end itu mahal banget bisa sampe 700ribuan. Padahal ya cuma sekedar primer gitu kenapa harus yang mahal ya. Akhirnya mutusin beli buat coba-coba dan buat alternatif juga produk yang hampir mirip dengan produk high end dengan harga yang relatif lebih murah.

Wet n Wild ini aku beli dengan harga sektiar 79 ribu rupiah. Hampir seper sepuluh dari produk sejenis dengan ukuran yang sama. Aku sempet aplikasiin ini sekali di wajah, ketahanannya juga cukup lumayan bisa sampe sore. Kena air pun make up juga masih stay. Cuma kalau untuk bepergian keluar yang cuacanya panas banget, kerasa juga kalo primer ini berat di muka. Hawanya jadi pengen banget pulang dan cuci muka. hahaha.



2) Make up for Ever Step 1 Skin Equalizer

Nah ini dia primer kesukaanku. Make Up Forever (biasa disingkat mufe) Step 1 Skin Equalizer yang matte. Sebenernya primer seri ini ada 4 varian seperti yang dikutip dalam Female Daily:

  • Mattifying primer, untuk kamu yang memiliki masalah kulit berminyak. Diformulasikan khusus dengan Sebustop Vegetal Complex, step equalizer ini dapat secara instan membuat hasil tampilan makeup menjadi matte, mengecilkan pori-pori dan mengontrol minyak berlebih. Hasil makeup jadi sempurna sepanjang hari.
  • Smoothing primer, ini merupakan produk baru dari MAKE UP FOR EVER. Formulanya yang lembut dan tidak berminyak mampu meratakan tekstur kulit dengan cara mengecilkan pori-pori, kerutan dan garis-garis halus.
  • Hydrating primer, untuk kamu yang mengalami kulit kering, misalnya karena kurang minum. Mengandung formula H20 Complex yang spesifik untuk melembapkan kulit dan memberi nutrisi pada kulit lelah dan membuatnya terlihat segar kembali.
  • Nourishing primer, untuk kulit yang kering dan dehidrasi. Kulit kering ini terjadi karena sedang di cuaca atau negeri yang dingin. Formulanya rich dan mengandung Vegetal Complex untuk menutrisi, melembapkan kulit wajah serta memiliki Antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas.
  • Radiant primers, secara instan memperbaiki warna sesuai dengan warna kulit Anda. Mengandung formula Spectraflex Pigments yang berfungsi menyamarkan kulit wajah lelah dan kusam.
Nah ternaya anggapanku tentang primer selama ini juga salah. Kenapa beli primer mahal-mahal toh juga cuma ga kelihatan. Tapi ternyata primer ini juga penting loh, apalagi kan ini yang kontak langsung sama kulit kita. Jadi kualitas juga harus diperhatikan. Primer juga penting supaya kulit kita ga langsung kena make up, karena kalau kulit keseringan kena make up juga ga bagus buat kesehatan kulit, bisa bikin flek hitam juga.

Nah ini yang aku pake itu mufe yang mattifying primer, jadi fungsinya untuk mengurangi minyak. Aku sendiri kulitnya cenderung normal, tapi area T tetep berpori-pori lebar dan suka gampang minyakan kalo siang kena panas gitu. Jadi aku tetep make primer matte ini untuk menahan minyak tadi.

Dan keliatan beda dong, yang ga pake primer sama yang pake. Make up jadi lebih awet dan warnanya lebih keluar. Jadi kenapa harus skip primer kan?










3) Illamasqua Matte Veil dan Hydra Veil

Nah ini juga baru baget aku coba primernya dari Illamasqua. Primer ini juga enak banget, ga kerasa kalo pake primer deh pokoknya. Jadi teksturnya ringan seperti serum, tapi tetep bikin make up tahan lama.

Nah Illamasqua ini ada dua macem, dan aku beli keduanya karena pengen bandingin dan siapa tau butuh juga buat klien nanti kalau ada yang mau aku make up in hehehe. Buat kalian yang kulitnya cenderung kering, bisa pake yang hydra veil. Dan sebaliknya jika jenis kulit kalian berminyak, tentu saja pake yang matte veil.

Kemasan primer ini jar, dan unik banget tempatnya. Ditambah juga ada aplikator di dalamnya untuk mengambil primernya, jadi ga pake tangan. Lebih higienis kesannya. Oh ya, kalo dilihat bentuk dan warna kedua kemasan ini sama, tapi kalau kaliat lihat secara detail, tekstur kemasannya berbeda. Yang matte veil cenderung lebih kasar atau doff, nah yang hydra itu glossy gitu kemasannya.

Kalau dibuka, tekstur krimnya juga berbeda. Yang matte ini berwarna putih kekuningan dan pekat. Sedangkan yang hydra veil ini seperti gel atau serum. Aku sering nya make yang hydra ini buat melembabkan kulit juga. Dan untuk area T seperti area kening, hidung, dan aku pake yang matte veil. 

Oh ya, aplikasiinnya bisa pake brush khusus foundation atau bisa pake sponge. Yang mana yang menurut kalian nyaman.

Illamasqua ini full size isinya 30ml, dihargai Rp. 634.000,- atau kalau di store web nya sekitar 17 euro.

Hydra veil, kemasannya glossy atau mengkilap



Matte veil untuk kulit berminyak



Hydra veil - Matte veil

Jadi manakah primer favoritmu?


You May Also Like

0 komentar