Perbedaan Toner, Essence, Serum, & Ampoule

Mungkin sebagian dari kita sering denger yang namanya Toner, Essence, Serum dan Ampoule. Nah bener, di 10 tahapan skincare korea emang terdapat empat item diatas yang dipake secara berurutan. Kadang aku juga sempet bingung, emang bedanya apa sih terutama ampule sama serum ini. Karena menurutku konsentrasinya juga sama aja, tapi ternyata ada perbedaan diantara empat item diatas. Aku baca-baca dari artikel, kalau perbedaannya itu :

TONER

Kalau kita mengenal double cleansing, pastinya kita juga tau yang namanya toner itu kayak gimana dan fungsinya juga gimana. Aku bahkan sempet bahas #7skinmethod dimana toner ini dipake sampe tujuh lapisan. (langsung nganga :O)

Jadi kalau kita liat di tahapan skincare rutin korea, toner ini ada di tahapan ketiga setelah melakukan double cleansing. Toner ini fungsinya membantu menyeimbangkan kadar pH kulit kita setelah mencuci muka. Buat yang belum tahu, kulit kita itu ada di pH normal 4.5-6.2 jadi kalau kalian pilih produk pembersih sebaiknya dibawah itu (pH rendah). PH rendah ini biasanya ada di pembersih wajah yang gentle, dan biasanya ga berbusa atau busanya cuma dikit.

Setelah cuci muka biasanya pH kulit kita jadi tinggi, nah disinilah fungsi toner itu. Aku sendiri ga pernah skip toner, bahkan make toner sampe tiga lapisan. Toner ini juga bisa membantu mengurangi efek pembersihan wajah dan mengurangi ketidakseimbangan pH. Selain itu bisa menetralisir efek kulit yang terasa terlalu kering atau berminyak di wajah kita. Bahkan toner juga bisa mengangkat dead skin cells yang masih tersisa dikulit kita juga. Biasanya ini ada pada toner yang mengandung BHA. Nah kalau kalian suka toner produk korea, jangan heran kalau tonernya biasanya terkesan lengket, karena sifatnya yang hydrating. Toner ini di Korea juga dikenal dapat membantu membuat kulit terlihat lebih glowing, meningkatkan kadar antioksidan dalam kulit dan melembabkan.

ESSENCE

Essence ini yang paling terkenal, karena produk seperti SK-II, Shu Uemura, dan terutama di brand Korea juga pasti punya lini essence. Essence ini jadi tahapan yang paling penting dalam skincare rutin kita. Essence ini lebih cair teksturnya seperti air tapi ada efek melembabkan. Fungsi essence ini lebih untuk mempersiapkan kulit kita untuk menerima dan mudah menyerap tahapan skincare selanjutnya.

Karena sifatnya yang menghidrasi kulit, essence ini berfungsi juga untuk mencegah iriasi kalau produk nya cocok di kulit wajah kita. Selain fungsinya yang melembabkan, beberapa produk essence juga mengandung antioksidan dan efek mencerahkan pada kulit. Jadi toner dan essence ini adalah tahapan awal untuk memulai rutinitas perawatan kulit kita pagi atau siang hari.

SERUM

Kalau serum ini udah pasti tau juga kan ya. Aku udah make sejak kuliah dulu yang artinya sejak usia 19 tahun aku udah pake karena iseng. Katanya sih dulu ga perlu-perlu banget, tapi aku tetep penasaran aja pengen coba karena serum nya punya fungsi yang lebih top daripada krim malam biasa. Nah belakangan ini aku lagi rajin banget koleksi serum, ada kali 5 botol dan semuanya udah aku buka dan dipake bergantian.

Kalau serum ini dikenal sebagai treatment kunci, jadi kayak kita tu pengen bikin wajah kita kayak gimana. Misal pengen kulit wajah cerah, pengen kulit wajah bersih dari noda, atau pengen menghilangkan keriput di wajah kita. Serum ini memiliki kandungan aktif lebih efektif dan bersifat targetting. Serum ini teksturnya lebih kental daripada essence, tapi mudah menyerap ke kulit.

AMPOULE

Bicara tentang ampoule, aku sendiri juga masih pengguna baru alias newbie. Hehehe. Jadi tau ampule ini ya karena di Korea ada tahapannya dan penasaran juga kayak gimana manfaatnya. Ada yang bilang kalau ampoule ini lebih ampuh daripada serum. Kandungan akfitnya juga lebih banyak dibandingkan serum. Kalau dari segi tekstur sih mirip-mirip. Kadang ada yang lebih cair dan ada yang lebih lengket gitu tergantung brand nya. Terus ampoule ini juga bisa dipake sebelum even besar jadi biar wajah kita siap dan setelah travelling misalnya untuk segera mengembalikan kondisi kulit.

Biasanya beberapa brand memiliki tekstur yang berbeda-beda. Tapi aturan umumnya kalau menggunakan skincare itu dimulai dari tekstur yang cair ke teksur yang lebih pekat atau kental. Logikanya aja sih yang paling menyerap duluan ke dalam kulit itu yang kita pake pertama kali hehehe.

You May Also Like

0 komentar