Korean Beauty Tips : 7 Layer Toner & Essence

Halo semuanya,

Kali ini aku akan lebih bahas ke sharing tips yang kemarin aku dapet dari K.Beauty tentang penggunaan toner. Jadi bahasan tulisan kali ini bukan tentang review produk ya, walalupun akan bahas juga sedikit produk yang aku pake atau yang direkomendasikan tapi akan lebih banyak ke sharing tips yang biasa dilakukan oleh wanita korea.

Yang perlu kalian tau selain teknik layering yang biasa dipake oleh wanita korea, dan sering disebut dengan ten step korean skincare, bahwa wanita korea itu juga menerapkan layering untuk berbagai produk di step itu. Misal essence, mereka sering melakukan double essence. Termasuk toner, bahkan bisa sampe 7 layer. Penasaran kan kenapa mereka melakukannya?

Kalau kalian sering baca artikel tentang skincare korea, dan beberapa pernah aku share di blog ini juga kalau wanita korea itu kunci skincare nya ada pada hydrating. Faktor penyebabnya lebih ke cuaca yang dingin dan menyebabkan kulit kering, jadi supaya kulit tetep lembab di cuaca yang ekstrem mereka melakukan teknik layering supaya kelembapan di wajah tahan lama. Teknik ini udah booming sejak 12 bulan terakhir. Kalau aku baca artikel sih awalnya dimulai dari tiga metode atau tiga step, terus makin kesini jadi sampe tujuh step dan ada yang sampe sepuluh step.

Yang aku bahas kali ini hanya layering pada toner dan essence saja. Belum sampe ke tahap serum atau ampoule dan special treatments lainnya. Di korea itu, mereka biasa banget pake toner atau essence sampe 7 tahapan. Biasanya dari yang teksturnya cair kayak air, baru dilanjutkan ke teksturnya yang lebih kental. Terkadang di Korea sering menamakan produk ini sebagai SKIN, kalau kalian sering liat produk korea ada yang tipe skin, itu juga bagian dari hydrating step yang dipadankan fungsinya seperti toner atau essence. Karena alasan ini juga, mereka menamakan seven-skin-method. Toner ini dipake segera setelah bersihin wajah  ya, jadi jangan dibiasakan abis nyuci wajah pake face wash, kemudian didiamkan sampe sekian jam. Itu akan membuat kulit kita kering karena kadar pH dikulit kita jadi tinggi.

Pemakaian toner yang berlapis ini jadi salah satu kunci kulit orang korea yang halus dan kelihatan glowy. Jadi saya sendiri juga penasaran sebenernya bagaimana cara kerjanya hingga toner ini jadi komponen yang cukup penting untuk menunjang kulit supaya jadi lebih cerah dan glowy. Dan setelah aku baca-baca lagi sih ternyata kalau kalian mengaplikasikan toner sebelum skincare lain (misal serum, ampoule, atau booster), skincare lanjutan itu akan lebih terserap. Berbeda kalau kalian aplikasikan tanpa toner, biasanya efek dari skincare itu ga akan maksimal karena ga terserap dengan bener.

Seven-skin-method, atau kalau kalian suka buka instagram dan liat beauty blogger, sering kali mereka pake hashtag #7skinmethod. Metode ini dapat membantu penyerapan skincare lebih cepat, dibandingkan kalau kalian tidak menggunakan toner/skin. Dan dengan mengaplikasikan hingga tujuh tahapan, kulit akan lebih terhidrasi, yang pada akhirnya akan membuat tampilan kulit wajah menjadi lebih sehat dan glowy. Lalu pertanyaannya, caranya gimana?

Kesan tujuh step hanya untuk toner keliatannya emang terlalu berlebihan dan perlu penggunaan produk toner yang banyak dan tentunya akan memakan budget yang lebih besar. Tapi kalau kalian bandingkan dengan perawatan kalian ke klinik kecantikan, waktu dan uang yang terbuang ternyata bisa lebih sedikit. Apalagi toner ini kan cukup lama abisnya, paling kalau aku bisa enam bulanan dengan pemakaian rutin. Sebenernya aku lagi pengen coba, dan belakangan ini masih pake tiga macem toner dan dua essence (first essence dan esesence biasa). Dan hasilnya di kulit juga emang beda, kulit jadi lebih halus dan lembab terus kalau dipakein make up hasilnya keliatan lebih glowy. Kesan kulit juga terlihat lebih sehat.

Tahap 1 

Pembersihan kulit seperti biasa. Aku sendiri melakukan double cleansing, tahap ini ga boleh diskip sama sekali karena percuma kalian pake ratusan layer kalau tahap ini dilewatkan.

Tahap 2

Setelah melakukan pembersihan wajah, jangan biarkan wajah kita mengering. Jadi idealnya selama 30 detik setelah kita cuci muka, sebaiknya toner ini segera diaplikasikan. Istilahnya pertolongan pertama pada masa kritis kulit kita lah. Karena kondisi kulit kering karena pH kulit tidak seimbang itu hal yang harus dihindari. Sebisa mungkin jaga agar wajah kita tetap terhidrasi dan lembab. Toner pertama yang diaplikasikan biasanya yang sifatnya exfoliating, tapi ini juga jangan tiap hari dipake juga nanti jadi overexfoliate malah repot. Cara pengaplikasiannya juga simple aja, tinggal dituang ditangan atau kapas terus ditepuk-tepukkan ke wajah. Kalau kalian pake kapas, jangan terlalu keras juga usapinnya supaya kulit ga jadi sensitif.

Tahap2

Gunakan tangan kita untuk mengaplikasikan layer ke dua. Jadi tuangkan toner secukupnya ke tangan, kemudian usapkan pelan ke telapak tangan terus ditepuk-tepuk ke muka sampe muka kita terasa lembab dan produk meresap. Kalau sudah berarti kulit kita sudah siap untuk menerima toner di tahap selanjutnya. Nah penggunaan kapas atau cotton pad tidak disarankan ya, karena pada tiap layernya kalau sering menggunakan kapas kulit menjadi abrasi, dan justru membuat kulit kita kusam nantinya. Lebih parahnya lagi terjadi bruntusan :(

Tahap 4

Tahap selanjutnya yaitu pengaplikasian toner sebanyak lima layer. Jadi disini kalian ga perlu pake toner yang beda-beda, cukup pake toner yang hydrating aja. Tapi perhatikan kebutuhan dan kondisi kulit kalian ya, takutnya malah jadi over terus jerawatan. Kalau di aku sih biasanya ga sampe tuju, paling cuma 3 step aja udah cukup. Kalau dirasa cuaca lagi ekstrim dan kulit kita kering (misal karena travelling), boleh lah kita gunakan metode ini.

Setelah 7 step toner diatas diaplikasikan, kalian bisa bebas aplikasikan treatment lanjutan misal serum. Dengan metode ini biasanya kulit akan mudah menyerap serum atau skincare lainnya. Metode ini bukan metode mutlak ya, tetap disesuaikan dengan kondisi kulit dan kondisi cuaca. Jadi ga ada satu cara yang menjadi "dewa" dalam dunia per-skincare-an.

Terus tips untuk memilih toner yang bagus untuk tenik layering:
1. Pakai toner yang komposisinya ringan dan hydrating
2. Hindari toner dengan kandungan synthetic fragrances, alcohol, ethanol
3. Hindari toner yang punya fungsi ganda misal sebagai cleanser juga.

Nah toner yang aku pake itu ada empat macem, semuanya aku pake beriringan kadang juga bersamaan tergantung mood aja.

1. CosRX AHA/BHA Clarifying Toner



2. Benton Aloe BHA Toner




3. Fresh Rose Hydrating Toner




4. Klairs Toner



You May Also Like

0 komentar