Private Make Up Course with Jovita Puridahayu MUA

Sesuai janjiku di postingan waktu aku nikahan, aku mau share soal kegiatan kursus aku bersama mba Jovita. Jadi Jovita Puridahayu ini adalah MUA aku waktu nikahan, hasilnya emang bagus dan mewah sesuai seleraku.

Waktu aku scroll foto-foto di Instagramnya, aku lihat kalo mba Jovita ini sering ngadain Private Make Up Course. Jadilah aku daftar dan langsung booking bulan Juli. Karena posisi aku yang kerja di Jakarta dan mba Jovita ini tinggal di Jogja, aku harus nentuin jadwal pulang selama 5 hari. Karena emang program basic make up course nya ini wajib 5 hari. Aku milih jadwal weekend, dimana kita berdua sepakat dan ga ada jadwal yang bentrok.

Tujuanku ikut kursus sendiri bukan buat berkarir di bidang ini juga, cuma aku bercita-cita untuk punya brand clothing sendiri jadi jika aku butuh model suatu saat aku bisa make up in sendiri tanpa harus panggil jasa MUA. Tau sendiri kan jasa MUA itu emang mahal, walaupun sebenernya worth it sih dengan effort yang mereka keluarkan.

Oke, untuk make up nya emang difasilitasi oleh MUA nya, jadi aku tinggal dateng bawa badan dan sama model yang akan aku make up in nantinya. Sebenernya bisa juga sih ga bawa model, soalnya mba Jovita juga bersedia mencarikan model untuk di make up in denga charge 100 ribu rupiah per orangnya.

Hari pertama make up aku ambil hari sabtu awal bulan September lalu, aku make model sepupu ku sendiri yang tinggal disamping rumah. Karena dia yang waktunya free, kita mulai make up dari jam 10 pagi. Awalnya aku dijelasin dulu mengenai tujuan dari make up, dan event yang gimana make up harus gimana. Jangan sampai salah tema sih intinya, kapan harus make up tebal kapan harus make up natural.

Setelah aku rangkum, inilah tahapan make up itu sendiri. Selalu sama pada semua tema, hanya tebal atau tipis dan warnanya juga disesuaikan.
  1. Pembersihan wajah dengan cleanser
  2. Aplikasi toner dengan ditepuk2 jangan digeser. Aplikasi toner ini harus lama supaya menutup pori dengan sempurna
  3. Aplikasi primer, untuk merk yang dipake bisa shu uemura untuk jenis kulit normal normal. Jika kulit berminyak, pakai guerlain yang khusus untuk kulit berminyak dan mufe primer step 1 di area Pipi dan hidung dan kening (area T). Serta untuk daerah kerutan, tambahkan primer chanel putih. Dan untuk kulit berminyak, pake chanel putih dan shuuemura saja.
  4. Aplikasi foundation. Foundation harus disesuaikan dengan warna kulit. Biasanya para MUA profesional selalu mencampur atau istilahnya blending foundation terdiri dari : 1. Noturactor, concelear mufe, dan liquid foundation cair shiseido ditambah concelear mufe warna gelap untuk menyesuaikan warna kulit
  5. Blending tahap 2, shade lebih terang
  6. Blending tahap 3 shade paling terang, terapkan di T area. Kening, bawah mata, dan hidung. Bisa diganti dengan highlight yang ga mengkilat.
  7. Shading hidung dan bawah pipi, blending pake beauty blender
  8. Contour pipi dan blush on creamy
  9. Aplikasikan bedak tabur untuk mengunci make up. Blur effect direkomendasikan untuk foto
  10. Aplikasikan bedak padat
  11. Jepit bulu mata supaya lentik
  12. Eyeliner bawah pake silver dan black
  13. Primer eyeshadow
  14. Eyeshadow dan blending
  15. Eyeliner atas dan dalem mata
  16. Bulu mata 3 kali tumpukan sesuai kebutuhan, jika make up natural bisa memakai satu lapis bulu mata saja.
  17. Aplikasikan eyeliner spidol
  18. Alis. Jujur saja menggambar alis ini yang paling susah menurutku, dan harus latihan.
  19. Highlight, diterapkan pada area bawah mata (atas pipi), kening, hidung, dan ujung atas bibir.
  20. Blush on tambahan yg powder
  21. Pelembab bibir jika bibir nya pecah-pecah
  22. Lipstick. Supaya rapi garisnya tanpa gelombang, gambarnya harus tahan napas.
Foto make up hari pertama :








Make up hari kedua dan ketiga tidak jauh beda, jadi aku ga sempet fotoin hehe.

Dan yang ini foto make up hari ke-empat. Modelnya adalah tanteku sendiri.





Dan ini make up hari terkahir. Sebenernya selama 5 hari ini harus full make up in di wajah model supaya kita mengetahui berbagai koreksi jenis wajah. Aku sengaja bawa tanteku untuk belajar koreksi wajah yang kulitnya cenderung kering dan berkeriput.

Karena hari terkahir model yang aku janjikan tiba-tiba tidak bisa karena ada acara, jadilah hari terkahir ini self make up alias belaja make up di wajah sendiri. Ternyata lebih susah loh teman-teman, ga segampang kalo kita dandan sehari-hari gitu.

Kebetulan hari terakhir temanya make up natural, jadi aplikasinya beda dengan sebelum-sebelumnya yang cenderung tebal, foundation berlapis-lapis dan bulu mata berlapis-lapis pula. Kali ini foundationku hanya 1 lapis, tapi tetap untuk tahapan primer dan cleansing harus ada. 


Ini mukaku sebelum pake make up, jadi abis cleansing difoto dulu untuk pembanding before dan after. Maafin muka ngantukku ya hehehe.





Dan mba Jovita ini welcome banget buat kita yang mau videoin dan fotoin produk yang dia pake dan proses kita selama make up.

















Ini beberapa foto produk yang dipake dan direkomendasikan. Masih banyak produk lain tentunya yang ga sempat aku foto satu-satu. Karena banyak banget, apalagi brush juga macem-macem kan.






Semoga bermanfaat ya dan sebagai referensi buat yang mau berkarir menjadi make up artist.

You May Also Like

0 komentar