10 Step Korean Skincare Routine



Halo semuanya,

Untuk kali ini aku engga akan bahas soal review produk, tapi lebih ke jelasin 10 step skincare ala wanita korea yang lagi hits belakangan ini. Entah kenapa aku yang dulunya males banget pake skincare macem-macem, sekarang malah jadi pengen coba sepuluh langkah perawatan yang katanya sih dilakukan sama wanita korea dan jadi salah satu rahasia kulit glowing dan cerah mereka.

Udah sekitar tiga minggan ini aku nyoba, dan hasil yang lebih keliatan di wajahku sih wajah jadi terasa lebih lembab dan lebih glowing. Kalau untuk kecerahan kulit aku masih belum ngerasain bedanya, rasanya tone kulitku masih sama aja hehehe.

Oh ya mau kasih sedikit info, jadi skincare ala wanita korea itu emang mengedepankan hidrasi, bukan untuk mencerahkan wajah atau untuk mengatasi masalah kulit serius. Makanya meeka pake teknik layering, atau menumpuk skincare kita sampe berlapis-lapis. Dulu ini ga pernah aku lakuin, karena bakal bikin kulit jadi lengket, dulu paling banter juga krim siang sama krim malem sama cuci muka aja. Nah ternyata, hidrasi itu kunci kulit kita awet muda dan terlihat cerah serta sehat. Cerah disini ga mesti warna kulit putih ya, tapi cerah karena skintone kita lebih seragam jadi ga belang-belang. Bercak-bercak hitam juga memudar.

Buat yang penasaran, seperti apa sih 10 step skincare korea itu?

1. Make Up Remover



Tahap yang paling awal yaitu double cleansing. Teknik double cleansing ini udah jadi hal yang wajib dilakukan karena tahap ini adalah tahap pembuka dimana skincare kita selanjutnya akan lebih efektif jika tahap ini dilakukan. Next time aku bahas lagi soal double cleansing ya. Make Up Remover ini wajib dipake juga kalau kalian siangnya pake sunscreen, jadi karena siang sebenernya wajib pake sunscreen,malemnya wajib double cleansing ya. 

Produk pembersih di tahap awal ini sebenernya ada tiga jenis:
- Cleansing Cream
- Cleansing Balm
- Cleansing Oil

Kalian bebas pilih jenis first cleanser apa aja yang penting efektif untuk membersihkan make up di wajah kita. Kalau aku biasanya pake cleansing cream atau balm. Belum coba sih yang jenis oil tapi kayaknya aku kurang suka aja sama teksurnya, lebih pilih yang cream dan bisa dipijat di wajah kita.

2. Water Based Cleanser



Kalau yang ini tahap kedua dari double cleansing yaitu face wash. Tujuannya untuk membersihkan sisa cleanser dan membersihkan wajah secara menyeluruh hingga ke pori. Ini penting banget ya supaya pori-pori kita tidak tersumbat. Karena kalau pori-pori tersumat, masalah kulit akan muncul seperti jerawat atau bruntusan. Jenis Water-Based Cleanaser pun ada macam-macam, aku biasanya pake yang cream atau stick seperti Neogen.

3. Exfoliator



Ini tahap yang paling aku sukai, yaitu exfoliasi. Tahap ini dilakukan cukup 2-3 kali aja dalam seminggu. Tujuan dari tahap ini yaitu untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di wajah kita karena adanya regenerasi, atau karena adanya paparan polusi juga. Exfoliasi ini lebih ke teknik pembersihan secara menyeluruh. Di tahap ini akan terasa kulit wajah kita menjadi lebih halus dan terasa bersih banget. Produk yang aku pake Neogen juga. Tapi exfoliator ini bentuknya juga bisa berupa scurb. Tergantung kalian nyaman pake yang mana.

4. Toner



Tahap selanjutnya yaitu toning. Toning ini tahapan yang cukup penting untuk mempersiapkan wajah kita menerima skincare lain. Tahap double cleansing itu biasanya membuat kulit kita kering, dan toner ini fungsinya untuk mengembalikan kadar pH di wajah kita subaya lebih terhidrasi. Makanya penting banget bagi kalian untuk memilih toner yang sifatnya menghidrasi. Kadang dari namanya juga udah keliatan, seperti hydration toner dari Fresh yang aku pake.

5. Essence


Tahapan essence yang aku pake itu ada dua sebenernya. Tahapan yang pertama itu first essence namanya. Teksturnya encer seperti air, aku pake produknya SKII atau Shu-Uemura, bukan produk korea sih tapi yang penting esensinya sama ya buat membuka jalan masuk serum dan ampule supaya lebih efektif. Katanya sih gitu ya....


Tahapan essence ku yang kedua pake benton snail bee high content essence. Ini essence tekturnya bukan cair, tapi seperti gel dan cepat meresap ke dalam kulit. Essence ini beda sama teksture benton lainnya yang terasa seperti lendir siput. Kalau yang ini kayak bukan dari lendir siput aja gitu, kayak gel biasa. Buat kalian yang ga suka tekstur essence yang lengket, benton ini bisa jadi pilihan ya.

6. Serum


Tahap selanjutnya yaitu serum. Serum ini jadi tahap yang cukup penting karena ini lebih ke treatment tujuan kita mau gimana. Kalau  mau putih ya tinggal pilih yang whitening, kalau mau menghilangkan kerutan ya tinggal pilih yang anti-aging. Seperti biasa serumku dari The Body Shop. Udah jatuh cintah banget dan susah berpaling dari yang lain hehe. Kalau yang ini tujuannya lebih ke anti-aging jadi cuma bikin kulit kita jadi lebih halus dan sebagai investasi aja biar awet muda.

7. Ampoule


Ini tahapan yang cuma ada dalam skincare korea. Aku juga kurang tau bedanya ampoule atau serum itu apa. Cuma katanya sih ini cara kerjanya efektif banget. Aku sengaja beli Ampule yang  udah terkenal aja dan reviewnya bagus-bagus, yaitu dari CosRX. Ampule ini terkenal bisa meratakan warna kulit kita jadi kulit kita terlihat lebih cerah. Aku udah tiga minggu pake sih, tapi masih belum keliatan banget hasilnya. Dari segi tekstur juga mirip banget sama serum, cuma lebih lengket dan kerasa lebih lembab di kulit.

8. Eye Cream


Tahap eye cream ini jujur yang paling sering aku lewatin hehehe. Karena aku merasa wajah kita udah lembab karena banyaknya skincare tadi. Tapi rata-rata produk skincare lainnya kan ga boleh dipake di area sekitar mata tuh, kadang kalau kita abaikan mata kita jadi agak perih kan. Jadinya aku kepikiran buat beli eyecream atau eye treatment. Aku kemarin udah penasaran sama The Body Shop yang seri Drop of Youth. Aku udah cocok dengan produk-produknya jadi beli ini deh. Terus aku juga make gantian sama The Ordinary Caffeine Solution, ini katanya bisa mengurangi dark circle di bawah mata. Cuma karena harganya ga begitu mahal, jadi coba aja deh.

9. Sheet Mask


Tahap ke sembilan dari skincare aku di malam hari (sekaligus tahap penutup), yaitu sheet mask. Sheet mask ini bentuknya seperti topeng yang terbuat dari tisu cuma dikasih essence. Jadi inti dari sheet mask itu sebenernya di essencenya ya. Sheet mask korea bertebaran di online shop, dan yang ini aku nitip dari temenku yang lagi jalan-jalan ke korea. Harganya cukup murah disana, bahkan ada yang dibundling gitu jadi beli 10 dapet 10. Kalau satuannya dihargai sepuluh ribu, jadinya kalau pas ada promo per kemasan jadi cuma lima ribu aja.

Sheet mask ini dipake setelah kita make skincare lainnya. Tujuannya buat mengunci skincare kita supaya lebih tahan lama dan bereaksi lebih optimal di kulit wajah kita. Makenya ga perlu lama-lama, di bungkusnya juga udah tertera biasanya 15 menit sampe 20 menit aja dah cukup. Cuma kalau kalian pengen dibawa terus sampe pagi ya ga masalah, semua tergantung kondisi kulit kalian.

10. Sunscreen



Tahapan sunscreen ini dipake kalau pagi hari aja ya. Dan walaupun keliatannya sepele, tapi sunscreen ini adalah tahapan yang paling penting dari semuanya. Kalau kita udah melakukan layering tahap demi tahap tapi sunscreen ini ga kita pake, yang kita kerjain semalaman itu akan sia-sia sebenernya. Misal kita pake produk anti aging, tapi siangnya ga pake sunscreen, kan ujung-ujungnya kulit kita akan terpapar sinar matahari dan jadi menua lagi.

Jadi alangkah baiknya malam kulit kita treatment, paginya kita jaga supaya tidak kembali lagi ke bentuk semula hahaha. 

Aku melakukan sepuluh tahapan skincare ini cuma kalau malem ya, kalau pagi yang simple aja secara kan buru-buru kerja. Jadi kalau pagi sebenernya ga perlu-perlu banget sih, yang wajib itu sunscreennya aja. Biasanya untuk pagi hari itu skincare aku cuma pake toner, essence sama sunscreen abis itu pake make-up. Udah deh....

You May Also Like

0 komentar