My Job as Make Up Artist for Corporate Photoshoot Perumnas

Udah dua minggu libur ngeblog. Akhir bulan Januari kemarin ada penugasan khusus dari kantor untuk jadi Make Up Artist. Jadi departemen promosi ada job untuk stok foto corporate dalam rangka pameran di JCC bulan Februari nanti. Dan dipilihlah talent dari karyawan Perumnas sendiri kurang lebih ada 12 orang termasuk aku salah satunya. Selain jadi talent, aku juga diminta untuk jadi MUA karena mba Arum selaku manager yang mengkoordinasikan kegiatan ini, tau kalau aku abis kursus. Ga nyangka juga sih bisa dipercaya, padahal aku belum berpengalaman make up in orang selain pas kursus. Udah beberapa bulan yang lalu juga.

Karena aku gugup dan ga percaya diri, jadilah aku latihan dulu. Modelnya temen-temen sedivisi ada tiga orang yang dengan senang hati aku jadikan kelinci percobaan hihihi. Awalnya aku coba ke mba Reni, tapi karena masih kebawa sama kursus make up wedding, jadi riasannya masih terlalu tebal. Aku belum sempet moto waktu itu.




Nah hari berikutnya aku  make up in mba Tika, kali ini temanya lain dan make up nya lebih natural dan ringan. Nuansanya juga bronze yang lebih kecoklatan, aku suka tipe make up yang seperti ini soalnya. Karena tekstur wajah mba Tika sudah alus, aku ga perlu effort lebih untuk membuat tampilan yang flawless. Cukup foundation yang dicampur agar warnanya seusai, aku tambahin dikit sih foundtion cream nya.



Uji cobaku ketiga di mba Erni. Mba Erni ini kebetulan juga salah satu talentnya. Jadi sekalian test make up lah biar nanti tau mau diapain mukanya. Sebenernya di riasan mba Erni ini aku agak kurang pas aplikasikan eyeshadownya, terlalu tua hehehe. Tapi namanya masih latihan, dimaafin lah ya.

Hari Pertama, Sentra Timur Residence

Lokasi yang dijadikan tempat untuk photoshoot adalah Apartemen Sentra Timur. Lokasinya masih di Jakarta Timur sih jadi kita satu tim tinggal nai mobil aja ke lokasi, ga begitu jauh kurang lebih setengah jam udah sampe. Tim yang dampingin ada dua, ditambah aku sebagai MUA dan satu lagi Diva sebagai fotografer. Modelnya waktu itu ada empat karena ada beberapa scene yang diambil, temanya keluarga dan generasi milenial gitu.

Yang aku rias pertama kali adalah mba Yusuf. Konsepnya jadi ibu rumah tangga yang scenenya hanya di dalam ruangan aja, entah ruang bersama, di dapur atau seolah-olah sedang gandeng anak. Jadi disini aku  juga belajar untuk merias sesuai konsep, ga bisa aku kasih eyeshadow yang terlalu mencolok, eyeliner yang tebel dan alis yang menukik. Aku usahakan semuanya natural tapi masih camera ready. Dan karena hari pertama masih hectic dan gugup, aku lupa motoin, padahal riasannya bagus dan aku puas banget. Alhamdulillah semuanya juga bilang suka jadi aku bisa lebih semangat dan percaya diri untuk merias talent kedua. Untuk talent suaminya, aku hanya make up in simple aja, foundation sama bedak plus lipstick tipis banget.

Siang yaitu scene generasi milenial, ceritanya lagi olahraga basket, jogging, dan renang. Jadi aku sempetin cari referensi jenis make up untuk kegiatan olahraga. Ga banyak sih yang aku temuin, cuma style olahraga aja. Dan ku lihat kesannya no make up gitu, jadi aku cari referensi lagi tentang make up no make up. Yang artinya bermake up tapi terlihat ga pake make up alias natural. Itu aku terapkan ke talent kedua namanya Widya. Wajah aslinya emang udah cantik sih, jadi riasannya juga yang natural aja udah kelihatan bagus. Supaya terlihat bagus di kamera, tetep pake bulu mata dan perona pipi. Riasan alis juga aku buat semirip mugnkin dengan alis aslinya.




Hari kedua, Corporate Photoshoot


Kalau yang sesi ini temanya tentang corporate, jadi lebih menonjolkan sisi keseharian di kantor dengan menggunakan seragam dan jas formal. Talentnya ada banyak sih, kebanyakan cowo malah hehehe. Cuma hari kedua ini aku ngerias mba Yusuf lagi dan mba Erni sebagai calon pembeli rumah gitu.

Karena kemarin udah pernah merias mba Yusuf, jadilah aku lebih gampang dan cepet prosesnya. Kemarin waktu di sentra timur sempet bingung dengan bentuk alisnya mau digimanain hehehe. Tapi alhamdulillah hasilnya juga memuaskan menurutku.


Talent selanjutnya mba Erni sebagai calon pembeli rumah. Riasannya juga ga jauh beda dengan riasan aku yang lain, tapi in lebih simple daripada waktu latihan pertama kali dulu. Tone warnanya juga coklat dan perona pipi yang ga terlalu menor. Yang penting bagus di kamera. Aku awalnya make in lipstick yang nude, tapi mba Arum sebagai koordinatornya minta biar ditambahin warnanya supaya lebih hidup di kamera. Jadi aku nambahin warna merah yang dicampur peach, hasilnya lumayan lah ga terlalu menor.



Hari ketiga, Sentraland Cengkareng


Hari ketiga ini kita ke Apartemen di Cengkareng. Kita emang ada lahan disana dari jaman dulu, dan kali ini concern ke Aparetmen daripada Rusunawa. Scene di Cengkareng ini cukup banyak dari pagi sampe sore. Talentnya mba Kristin yang emang dasarnya juga udah cantik. Make up in mba Kristin juga jadi challenge tersendiri terutama di bentuk alis yang banyak rambutnya dan tebel. Aku udah nutup foundation tapi tetep berdiri lagi rambut alisnya. Akhrinya aku lem dan aku tutup pake foundation deh beres. Mba Kristin ini oke aja sih kemarin waktu di cukur alis, tapi aku masih ga tega aja takut dosa hehehe.



Hari ke empat, Perumnas Dramaga Bogor

Hari terkahir itu biasanya all out. Sempet khawatir kalau bogor hujan terus karena lagi musim dan emang kotanya juga kota hujan, dan ternyata bener aja dong dari jam satu siang sampe jam lima hujan terus hahaha. Akhirnya take ditunda sampe hujan reda, jadi kita ada kali nunggu 3 jam. Oh ya talent terakhir yang aku make up in itu mba Erni lagi. Dia gantiin peranku karena aku dilarang sama suami ga boleh foto dengan konsep suami istri walaupun cuma boongan hehehe.

Konsep riasannya masih standar lah, kayaknya dari kemarin style ku mirip-mirip ya hehehe. Model yang paling challenging itu ya mba Erni, karena beberapa kali aku pakaiin bulu mata selalu terlihat sendu karena bentuk matanya yang turun. Jadilah aku akalin pasang bulu matanya sedikit naik dikelopak kemudian jarak antara bulu mata asli dan kelopak aku tutup pakai eyeliner.



Hasilnya seperti ini, tidak mengecewakan lah ya. Tetep keliatan cantik hehehe. Aku jarang buat shading dan bentuk eyeshadow yang aneh-aneh, biar kesan naturalnya dapet karena ini ceritanya kan sebagai pasangan suami istri yang lagi dirumah sama anak, dan seolah olah pindah rumah gitu. Apalagi rumah yang dipromosikan di sentraland dramaga yang bersubsidi. Riasan yang terlalu heboh menjadikan konsepnya kurang sesuai.



Dan terakhir aku juga make up in diri sendiri. Disini aku gantiin peran mba Erni sebagai ibu yang gendong anak hahaha. Aku ga begitu jago merias wajah sendiri, terutama pasang bulu mata selalu ga pas. Tapi ya udahlah kayak gini juga udah lumayan. Take berjalan lancar walaupun Arka, anaknya mba Erni sempet ga mau digendong karena udah sore dan capek. Tapi berkat mas Wildan ini yang selalu punya ide kreatif, jadilah Arka mau digendong dengan pura-pura mainan bola gitu, ga gendong beneran hehehe.


MUA numpang eksis


Sebelah kiri ini mas Diva, fotografernya. Orangnya baik dan enak diajak kerjasama, kan kadang ada tuh fotografer yang suka idealis dan maunya gini gitu tapi ga sesuai apa yang kita mau. Nah kalau mas Diva ini lebih ke ngertiin apa maunya klien. Hehehe.

Sebelah kanan mas Wildan, dia dari hari pertama sampe terakhir ini jadi Sutradaranya lah. Walaupun lagi sakit tapi masih selalu semangat buat dampingin para talent. Semoga sukses terus ya mas Wildan. Dan project ini selesai di hari senin di Perumnas Dramaga.

You May Also Like

0 komentar