Sehari di Bandung

Setelah lama ga kontak-kontakan dan ketemuan buat sekedar makan bareng, aku, Icha dan Indri akhirnya jalan-jalan ke Bandung. Bandung aja yah yang deket, karena dua tahun lalu sebelum skripsi kita jalan-jalan ke Pulau Seribu dan Icha-nya agak ga betah sama laut gitu katanya hahaha.

Perjalanan kali ini emang random banget, tiba-tiba pas makan siang terakhir tercetus buat jalan-jalan lagi. Bogor dan Singapur sempet kepikiran, cuma kalo bogor mau kemana juga kan udah pada sering kesana. Dan kalo singapur juga belum nabung, dan aku sendiri juga belum ada pasport. Akhirnya kita ke Bandung deh. Kita searching tiket kereta, pertimbangannya kalau naik travel ke Bandung pasti macet kan, apalagi weekend. Kita baru beli tiket buat berangkat aja, untuk pulangnya kita bisa fifty-fifty sih waktu itu. Takutnya kalau H-sekian hari ada acara mendadak, ga perlu rugi-rugi amat batalin dua tiket. Secara kena charge juga 25% kalau batalin tiket kereta.

Barulah seminggu sebelum ke Bandung, kita kabar-kabar lagi mau gimana nanti. Hotel juga belum pesen, apalagi litenary juga ga kepikiran sama sekali. Yang jelas di mau sama anak-anak lainnya tuh pada penasaran sama Bandung Makuta, oleh-oleh kekinian dari artis Laudya Cintya Bella.

Sekitar tiga hari sebelum kita berangkat ke Bandung, hotel baru kita pesan. Sempet bingung juga mau nginep di mana. Yang jelas budgetnya harus yang ekonomis, dan tempatnya juga lumayan deket dari kota jadi ga jauh-jauh kalau mau jalan-jalan ke kota. Akhirnya aku mutusin buat ke hotel mitra. Hotel ini jadi langganaan kantorku kalau ada perjalanan dinas. Tempatnya juga enak dan harganya juga relatif lebih murah dibandingkan hotel lainnya yang memiliki fasilitas sejenis. Aku booking di traveloka satu malam dengan rate 350 ribu rupiah.

Untuk perjalanan pulang baru dipesan saat itu juga, karena tiket kereta juga udah mau abis jadinya kita beli tiket kereta bisnis dengan harga yang agak mahal dari harga seharusnya. Kita perjalanan pulang dan pergi menghabiskan uang sekitar ga sampe dua ratus ribu rupiah.

Perjalanan kita hari sabtu pagi, dan pulangnya hari minggu sore. Jadi hanya one day trip lah istilahnya, karena kita juga ga mau terlalu lama juga. Persiapan juga mepet hehehe. Kita ketemu langsung di Stasiun Gambir. Kereta berangkat jam sembilan pagi. Saat itu aku berangkatnya juga agak mepet sih sampe diomelin temen-temen hahaha. Karena aku sendiri juga udah kebiasaan berangkat mepet, dan udah terbiasa naik kereta juga. Beda sama temen-temenku yang asli jakarta dan emang tinggal disini, jadi jarang naik kereta.

Kita tiba di Bandung jam 12 siang, dan kita lanjutkan makan siang dulu di Mie Kocok Bandung. Aku ga tau rekomendasinya dimana, cuma aku asal nyari di Google dan nemu yang paling deket dengan harga yang afdorable, di Mie Kocok Persib. Kalo kata temenku enak sih mie nya, cuma bagiku terlalu banyak minyak dan lemak sapi. Aku orangnya paling ga suka makanan yang minyaknya berlebihan gitu.

Setelah makan hujan deres, aku agak males juga waktu itu udah bingung mau kemana eh malah hujan segala jadi tambah sedikit pilihan jalannya. Jadi kita langsung ke hotel dan pack-out barang-barang kita. Setelah istirahat sebentar, aku usul untuk ke Paris van Java bandung aja. Aku belum pernah kesana dan katanya mall nya bagus, designya ala eropa gitu. Kita ke PVJ naik grab bertiga, dan sampe disana jam lima sore. Tempatnya emang beneran bagus, ga seperti sebagian besar mall yang pernah aku kunjungi. Terutama designnya sih, aku suka banget deh.

Di PVJ ada rooftop yang ada tamannya, jadi kita mampir sebentar ke sana untuk hunting foto. Udah agak gelap sih, tapi masih ada sedikit cahaya matahari yang lumayan buat ambil foto. Di atas ada taman bunga juga, cuma kita ga kesana karena udah sore dan untuk foto-foto bakalan kurang bagus juga. Oh ya untuk masuk area taman bunga itu dikenai biaya lima ribu rupiah, cukup terjangkau ya.

Hari ke dua kita abisin waktu di hotel, hehehe. Karena kita pulangnya malem dan ada film-film yang bagus buat ditonton. Kita sempetin buat foto-foto dulu di kamar hotel, yang designnya juga lumayan lah.

Kita check out jam 12 siang dan langsung ke kota. Tujuan pertama cuma di Jl Braga buat foto-foto aja, karena tempat ini juga yang paling deket. Di museum Konferensi Asia Afrika (KAA) juga rame banget, untung aku ga ada rencana kesana. Kita lanjut perjalanan siang itu dengan mencari oleh-oleh di Bandung Makuta dan di Kartika Sari. Aku emang udah pengen banget makan bolu pisang yang warnanya ijo gitu, rasanya enak banget deh.

Kita menuju ke stasiun Bandung jam tiga sore, dan kereta mulai jalan setengah jam kemudian. Perjalanan dari Bandung ke Jakarta sekitar tiga jam dan kita sampe di Stasiun Jatinegara sekitar magrib lah.